Like on Facebook

Batu Cylop

andre zuesh         No comments
BATU CYCLOP

ASAL DAN SEJARAH BATU CYCLOP
Batu cyclop banyak ditemukan diseputar mata air yang mengalir dari Pegunungan cyclop. Batu ini banyak ditemukan oleh warga dalam bentuk bulatan sebesar kepalan tangan. Warna batu tersebut cukup beragam dari merah, hijau, kuning, hitam, ada juga yang putih. Nama batu Siklop/cyclops berasal dari kata (bahasa Yunani: Κύκλωπες) artinya makhluk bertubuh raksasa yang hanya memiliki satu mata (mitologi Yunani). Karena melihat Pegunungan yang memisahkan daratan dan lautan ini bentuknya menyerupai raksasa, maka saat Tentara Kolonial Portugis masuk ke wilayah ini tepatnya di desa Ormu (disebelah Utara), maka Pegunungan dinamakan Cycloops. Batuan cyclop banyak di dapatkan dari gunung cyclop dan danau sentani.
Gunung Siklop banyak di sebut ‘air susu ibu’ atau gunung ibu. Sebutan itu muncul karena Gunung Siklop memiliki banyak mata air yang mengalir ke Danau Sentani. Sehingga, warga sekitar melarang perburuan batu akik di gunung tersebut, bahkan untuk memasukinya saja dibutuhkan ritual khusus. Jika batu itu diambil, warga sekitar percaya akan mendatangkan kemalangan.
JENIS DAN MACAM  BATU CYCLOP
1.    Batu Cyclop Merah
Batu Cyclop Merah2.    Batu Cyclop Biru
Batu Cyclop Biru3.    Batu Cyclop Sentani
Batu Cyclop Sentani4.    Batu Cyclop Obsidian
Batu Cyclop Obsidian5.    Batu Cyclop Hijau
Batu Cyclop HijauHARGA BATU CYCLOP
Bahan mentah batu siklop dijual di Papua sekitar Rp 600 ribu hingga Rp 1 juta, tergantung tingkat kekristalannya. Jika sudah diolah menjadi batu akik harga antara Rp 1 juta hingga Rp 15 juta, tergantung kadar kristalnya.
CIRI CYCLOP ASLI
Ciri-ciri Batu akik Cyclop adalah seperti akik kebanyakan yang tembus cahaya apabila disorot dengan lampu senter LED dan memiliki tingkat kekerasan 5-6 skala Mohs. Batu akik ini bisa dibentuk berbagai perhiasan seperti batu cincin, liontin dan lain-lain. Batu akik Cyclop menjadi andalan Propinsi Papua dan paling banyak dicari oleh pecinta batu akik.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU CYCLOP
Cara merawat batu cyclop sangatlah sederhana yaitu dengan cara membersihkannya menggunakan tisu / kain bersih pada permukaannya, dan mengolesi dengan minyak mistic setiap sebulan sekali.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9