Like on Facebook

Batu Akik "Agate"

andre zuesh         No comments

Batu Akik "Agate"

Agate
Agate Akik
JogjaGems - Agate / æ ɡ ə t / akik adalah batuan yang terutama terdiri dari cryptocrystalline silika , terutama kalsedon , bergantian dengan kuarsa microgranular. Hal ini ditandai dengan kehalusan gandum dan berbagai warna. Meskipun agate dapat ditemukan dalam berbagai jenis batuan induk, mereka klasik terkait dengan gunung berapi batu dan dapat umum di tertentu batuan metamorf .

Etimologi dan sejarah 

Batu itu diberi nama oleh Theophrastus , seorang Yunani filsuf dan naturalis , yang menemukan batu di sepanjang garis pantai sungai Achates ( Yunani : Ἀχάτης ) di masa kini Sisilia , [2] kadang-kadang antara 4 dan abad ke-3 SM. [3] agate  Colorful (Pancawarna) dan lainnya chalcedonies diperoleh lebih dari 3.000 tahun yang lalu dari Sungai Achates, sekarang disebut Dirillo .

Penggunaan masa kuno 

Agate merupakan salah satu bahan yang paling umum digunakan dalam seni hardstone ukiran , dan telah pulih di sejumlah situs kuno, menunjukkan digunakan secara luas di dunia kuno; misalnya, pemulihan arkeologi di Knossos situs di Kreta menggambarkan perannya dalam Zaman Perunggu Minoan budaya.

Pembentukan dan karakteristik 

Batu akik Botswana 

Batu akik Bostawa
Batu akik Bostawa
Kebanyakan agate terjadi sebagai nodul di vulkanik batu atau lava kuno , di bekas rongga yang dihasilkan oleh volatil di massa cair asli, yang kemudian diisi, seluruhnya atau sebagian, oleh materi mengandung silika disimpan di lapisan biasa atas dinding. Agate juga telah dikenal untuk mengisi pembuluh darah atau retak di batu vulkanik atau diubah didasari oleh massa mengganggu granit. Agate seperti, ketika dipotong melintang , menunjukkan suksesi paralel garis, sering ekstrim ketipisan , memberikan penampilan banded ke bagian. Batu tersebut dikenal sebagai batu akik banded , hadiah pertama batu akik dan bergaris batu akik .

Dalam pembentukan batu akik biasa, besar kemungkinan perairan yang mengandung silika dalam larutan yang diturunkan, mungkin, dari dekomposisi dari beberapa silikat di lava itu sendiri-disaring melalui batu dan diendapkan gel silika di bagian dalam vesikel . Variasi karakter dari solusi atau dalam kondisi deposisi dapat menyebabkan variasi sesuai di lapisan berturut-turut, sehingga band-band dari kalsedon sering bergantian dengan lapisan kristal kuarsa . Beberapa uap-vesikel mungkin bersatu sedangkan batu masih kental , dan dengan demikian membentuk rongga besar yang dapat menjadi rumah seorang akik ukuran yang luar biasa; demikian Brasil geodedilapisi dengan amethyst dan berat 35 ton itu dipamerkan di Pameran Düsseldorf dari tahun 1902. Mungkin review paling komprehensif dari batu akik kimia adalah teks terbaru oleh Moxon dikutip di bawah ini.

Deposit pertama di dinding rongga, membentuk "kulit" dari batu akik, umumnya zat mineral kehijauan gelap, seperti celadonite , delessite atau " bumi hijau ", yang kaya akan zat besi diduga berasal dari dekomposisi dari augit di batu vulkanik melampirkan. Silikat hijau ini dapat menimbulkan oleh perubahan sampai coklat oksida besi ( limonite ), menghasilkan penampilan yang berkarat di luar batu akik-bintil. The luar permukaandari batu akik, dibebaskan dari matriks, sering diadu dan kasar, tampaknya akibat dari penghapusan lapisan asli. Lapisan menyebar pertama atas dinding rongga telah disebut "priming", dan setelah dasar ini, zeolitik mineral dapat disimpan.

Banyak agate yang berlubang, karena deposisi belum melanjutkan cukup jauh untuk mengisi rongga, dan dalam kasus seperti deposito terakhir umumnya terdiri dari drusy kuarsa , kadang-kadang dr batu kecubung , memiliki apeks dari kristal diarahkan pada ruang bebas sehingga membentuk kristal rongga -lined atau geode.

Ketika matriks di mana agate tertanam hancur, mereka dibebaskan. The agate sangat tahan terhadap pelapukan dan tetap sebagai nodul di tanah , atau disimpan sebagai kerikil di sungai dan di sepanjang garis pantai.

Jenis batu akik 

Sebuah batu akik Meksiko, menunjukkan hanya satu mata, telah menerima nama Cyclops batu akik. Materi termasuk dari hijau, emas, merah, hitam atau lainnya warna atau kombinasi tertanam dalam kalsedon dan dibuang di filamen dan bentuk lain sugestif pertumbuhan sayur, menimbulkan dendritik atau batu akik lumut . Dendritik agate telah pakis seperti pola di dalamnya terbentuk karena adanya mangan dan besi oksida. Jenis lain dari termasuk materi diendapkan selama akik-bangunan termasuk pertumbuhan sagenitic (kristal mineral radial) dan potongan detritus terperangkap (seperti pasir, abu, atau lumpur). Kadang-kadang batu akik mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh bahan vegetatif terurai seperti dahan pohon atau akar dan disebut tungkai dilemparkan batu akik karena penampilannya. Enhydro batu akik mengandung inklusi kecil air, kadang-kadang dengan gelembung udara.

Turritella batu akik terbentuk dari silisifikasi fosil Elimia tenera (keliru dianggap Turritella ) kerang. E. tenera adalah air tawar spiral gastropoda memiliki memanjang, cangkang spiral terdiri dari banyak uliran. Demikian pula, karang , kayu membatu dan sisa-sisa organik atau batuan berpori lain juga bisa menjadi agatized. Agatized karang sering disebut sebagai batu Petoskey atau batu akik. [ Rujukan? ]

Batu akik Yunani adalah nama yang diberikan untuk pucat putih untuk tan batu akik berwarna ditemukan di Sisilia kembali ke 400 SM. Orang Yunani yang digunakan untuk membuat perhiasan dan manik-manik. Meskipun batu itu telah sekitar abad dan dikenal baik Sumeria dan Mesir, baik yang menggunakan permata untuk dekorasi dan untuk bermain bagian penting dalam upacara keagamaan mereka, setiap batu akik warna ini dari Sisilia, pernah menjadi koloni Yunani kuno, disebut batu akik Yunani.

Batu akik Brasil ditemukan sebagai geodes cukup besar nodul berlapis. Ini terjadi di nada kecoklatan interlayered dengan putih dan abu-abu. Bentuk kuarsa dalam nodul ini, menciptakan spesimen mencolok ketika dipotong berlawanan sumbu pertumbuhan berlapis. Hal ini sering dicelup dalam berbagai warna untuk tujuan hias.

Batu tertentu, ketika diperiksa di bagian tipis oleh cahaya yang ditransmisikan, menunjukkan spektrum difraksi karena kelezatan ekstrim dari band berturut-turut, dari mana mereka disebut agate pelangi . Sering berdampingan batu akik dengan lapisan atau massa opal, jasper atau kristal kuarsa karena variasi ambient selama proses pembentukan.

Akik renda adalah berbagai yang menunjukkan sebuah renda pola -seperti dengan bentuk seperti mata, berputar, band atau zigzag (jika ini mendominasi, hal itu disebut kisi batu akik ). Gila renda batu akik , ditemukan di Meksiko, sering berwarna cerah dan secara kompleks bermotif. Akik renda biru ditemukan di Afrika dan sangat keras. 

Batu akik Polyhedroid adalah batu akik yang telah berkembang dalam bentuk datar sisi mirip dengan polyhedron . [6] Ketika diiris, sering menunjukkan layering karakteristik konsentris poligon . Batu akik Polyhedroid diduga hanya ditemukan di Paraíba Negara, Brasil. Ia telah mengemukakan bahwa pertumbuhan tidak crystallographically dikendalikan tetapi karena penyisipan-ruang antara kristal yang sudah ada yang sejak dibubarkan. 

Bentuk lain dari batu akik termasuk Holley batu akik biru (juga dieja "Holly biru batu akik"), langka gelap pita batu akik biru hanya ditemukan di dekat Holley, Oregon ; [8] Danau Superior batu akik ; batu akik akik (memiliki warna kemerahan); Botswana batu akik; batu akik bulu-bulu; batu akik condor , tabung batu akik (dengan saluran aliran terlihat atau lubang jarum berukuran "tabung"); fortifikasi batu akik (dengan kontras pita konsentris mengingatkan parit pertahanan dan dinding sekitar benteng kuno); Binghamite , berbagai hanya ditemukan di Montana ; batu akik api (menampilkan flash internal atau "api", hasil dari lapisan batu akik yang jelas atas lapisan hematit hidrotermal diendapkan); dan batu Patuxent River, Bentuk merah dan kuning akik hanya ditemukan di Maryland , di mana ia adalah permata negara.

Akik Fosil Kerang
Akik Fosil Kerang
Batu Akik Dendrit
Batu Akik Dendrit
Akik Turrltella
Akik Turrltella

Akik Gila Renda
Akik Gila Renda

Penggunaan dalam industri dan seni 

Penggunaan industri batu akik mengeksploitasi kekerasannya, kemampuan untuk mempertahankan permukaan akhir yang sangat halus dan tahan terhadap serangan kimia. Ini secara tradisional telah digunakan untuk membuat bantalan pisau-tepi untuk saldo laboratorium dan pendulum presisi, dan kadang-kadang untuk membuat mortir dan alu untuk menghancurkan dan mencampur bahan kimia. Ini juga telah digunakan selama berabad-abad untuk burnishing kulit alat.

Seni dekoratif menggunakannya untuk membuat ornamen seperti pin , bros atau jenis perhiasan , pisau kertas, inkstands , kelereng dan segel . Agate juga masih digunakan saat ini untuk dekoratif menampilkan, cabochons, manik-manik, ukiran dan Intarsia seni serta wajah-dipoles dan spesimen dari berbagai ukuran dan asal jatuh-dipoles. Idar-Obersteinadalah salah satu pusat yang memanfaatkan batu akik pada skala industri. Di mana di awal agate lokal ditemukan digunakan untuk membuat semua jenis objek untuk pasar Eropa, ini menjadi bisnis global sekitar pergantian abad ke-20: Idar-Oberstein diimpor dalam jumlah besar batu akik dari Brazil, sebagai pemberat kapal. Memanfaatkan berbagai proses kimia proprietary, mereka memproduksi manik-manik berwarna yang terjual di seluruh dunia. [9] Agates telah lama digunakan dalam seni dan kerajinan. Tempat kudus gereja Presbyterian di Yachats, Oregon , memiliki enam jendela dengan panel yang terbuat dari batu akik yang dikumpulkan dari pantai lokal.


Akik Hiasan Taman
Akik Hiasan Taman
guci akik
Guci / Vas Akik

 Perhiasan anting akik
Perhiasan Anting akik
Andre Zuesh

Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9