Like on Facebook

BATU TOPAZ

andre zuesh         No comments
BATU TOPAZ
ASAL DAN SEJARAH BATU TOPAZ
Batu Topaz merupakan  mineral silikat yang terdiri dari aluminium dan fluorin dengan formula kimia Al2SiO4(F,OH)2. Topaz mengkristal dalam bentuk ortorombik dan sebagian kristalnya berbentuk prisma berujung piramida atau bentuk lain.
Topaz berasal dari bahasa Sanskerta ~ nama tapas, yang berarti api.
Dilihat dari asalnya, Topaz banyak ditemui dari beberapa tempat,diantaranya Amerika Serikat, Brazil, Burma, Mexico, Nigeria, Siberia, Sri Lanka, Uni Soviet dan Zaire.
Pada Zaman dahulu bangsa Yunani berpikir bahwa batu Topaz terhubung dengan Dewa Matahari (Jupiter) yang kuat. Topaz memiliki kemampuan untuk memberikan kekuatan, batu tersebut diyakini terhubung dengan Sun Allah. Di sisi lain, bangsa Roma percaya bahwa batu Topaz memiliki kemampuan untuk menghindari keracunan, karena karakteristik perubahan warna di depan zat beracun.
JENIS DAN MACAM BATU TOPAZ
1.Batu Topaz Hijau 
Batu Topaz Hijau2.Batu Topaz Kuning
Batu Topaz Kuning 3. Batu Topaz BiruBatu Topaz Biru4. Batu Topaz MerahBatu Topaz Merah5.Batu Topaz GarutBatu Topaz Garut6. Batu Topaz Hijau Garut
Batu Topaz Hijau GarutHARGA BATU TOPAZ
Batu topaz  mempunyai tingkat harga yang bervariasi dan tergantung kualitas yang dimilikinya,seperti batu topaz biru ( Natural Blue Topaz ) dengan dimensi 12,16 x 10,15 x 6,65 mm dan berat 6,29 carats dibandrol dengan harga 1,8 juta.
Sedangkan harga bongkahaan batu topaz dijual dengan harga mulai dari Rp.330.000/carats ( sesuai dengan kualitas yang dimiliki )
CIRI TOPAZ ASLI
Ciri-ciri keaslian yang utama dari batu topaz adalah adanya serat halus selain serat kristal kasar dan inklusi ,Sedangkan untuk kualitas ditentukan oleh:
•    Warna, warna yang lebih pekat seperti pada Swiss Blue Topaz dan London Blue Topaz semakin indah untuk dilihat
•    Cahaya, nyala cahaya dari dalam yang berkerlip di permukaan juga menjadi faktor penilaian keindahan batu topaz, cahaya yang tajam di seluruh bagian batu topaz dan berkilau atraktif merupakan ciri batu topaz berkualitas bagus.
•    Kebeningan dan kebersihan, semakin bening semakin mudah batu topaz menyerap dan memancarkan cahaya, hanya saja jika terlalu bening perlu di cek apakah ada serat halus atau tidak karena jika tidak ada berarti itu bukan batu mulia namun merupakan batu imitasi dan cahayanya juga tidak atraktif
•    Potongan dan Ukuran, potongan yang proporsional atau rapih juga menjadikan tolak ukur kualitas sebuah batu
•     Struktur Fraktal, struktur fraktal yang lebih padat atau lebih kecil dan rapih tentu menambah keindahan pencahayaan nyala luster di dalam dan otomatis menjadikan batu topaz tersebut semakin atraktif kerlipan cahayanya.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU TOPAZ
Agar kualitas batu anda tetap terjaga kualitasnya,tentunya diperlukanlah perawatan, Berikut cara merawat batu Topaz :
•    Cucilah  memakai air sabun. Gosok dengan lembut. Basuh dengan air hangat, serta keringkan dengan handuk halus
•    Jauhkan dari kontak bahan kimia, karena beberapa bahan kimia bisa merusak warna serta kilau dari dari batu akik yang anda punyai.
•    Secaraberkala datanglah ke tukang poles batu mulia buat menghilangkan kotoran serta untuk dipoles lagi hingga keindahan dari batu akik anda terus terjaga.
•    Jauhkan batu dari benturan atau jatuhnya batu akik pada permukaan yang keras, karena bisa mengakibatkan pecahnya batu akik anda.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9