Like on Facebook

BATU SEMPUR

andre zuesh         No comments
ASAL DAN SEJARAH BATU SEMPUR
Batu Sempur adalah suatu jenis batu yang terbentuk dari pengerasan “Kayu Sempur” tua yang tertimbun ratusan bahkan ribuan tahun di dalam tanah. Tingkat kekerasan pada batu ini sangatlah tinggi, mengandung SiO2.nH2O walaupun unsur awal pembentukannya adalah dari bentuk kayu. Batu Sempur sendiri adalah jenis kayu anggota marga Dillenia  yang mempunyai volume yang padat dengan kerapatan kayu antara 560 – 930 kg/m3  (pada kadar air 15%). Nama batu Sempur sendiri dikenal pada awalnya di wilayah Kabupaten Lebak bagian timur dan sekitar Jasinga-Leuwiliang, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sedangkan penyebaran batu ini terbentang dari Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang dan Tangerang Provinsi Banten-Indonesia.
JENIS DAN MACAM BATU SEMPUR
Batu Sempur Banten
Batu Sempur BantenBatu Sempur Jarong
Batu Sempur JarongBatu Sempur Black Opal
Batu Sempur Black OpalBatu Sempur Kayu
Batu Sempur KayuBatu Sempur Kalimaya
Batu Sempur KalimayaHARGA BATU SEMPUR
Menurut informasi yang kami dapat harga batu Sempur mulai dari Rp50 ribu dan harga termahalnya mampu terjual Rp5 miliar, tergantung besaran dan motif yang dihasilkan karena batu Sempur ini sangat Langka. Sedangkan bongkahan batu Sempur besar dijual per kilogram Rp 20.000-Rp 100.000 dan setelah menjadi barang antik bernilai ratusan juta rupiah.
CIRI SEMPUR ASLI
Batu akik Sempur yang asli biasanya jauh lebih berkualitas dibandingkan dengan batu akik palsu, dimana batu asli biasanya memiliki serat yang berbeda dengan batu yang paslu, dimana batu asli terkadang memiliki serat seperti laba-laba atau awan yang berada didalam batu akik tersebut. Sementara batu yang palsu biasanya bentuknya sangat sempurna dan seragam serta biasanya tidak memiliki serat, jika ada serat buatan biasanya sangat teratur berbeda dengan serat yang asli tidak beraturan.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU SEMPUR
  • Siapkan minuman atau larutan isotonic dan sebuah wadah bening
  • Batu Sempur kedalam botol bening dan tuangkan cairan isotonic hingga batu terendam, tutup rapat wadah dan tempatkan wadah di tempat yang gelap
  • Proses seperti itu akan berhasil sekitar waktu 1-2 bulan, tergantung kualitas batu yang kita miliki
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9