Like on Facebook

BATU SAFIR

andre zuesh         No comments
BATU SAFIR
ASAL DAN SEJARAH BATU SAFIR
Batu Safir / Sapphire (Bahasa Ibrani: ספּיר sapir) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Batu Safir ditambang dari endapan aluvial atau dari pekerjaan bawah tanah primer. Lokasi pertambangan termasuk Myanmar, Madagaskar, Sri Lanka, Australia, Thailand, India, Pakistan, Afghanistan, Tanzania, Kenya, dan China.
Batu safir Logan, Bintang India, dan Bintang Bombay berasal dari tambang Sri Lanka. Madagaskar adalah pemimpin dunia dalam produksi safir (per 2007) khusus deposito di dan sekitar kota Ilakaka Sebelum pembukaan tambang Ilakaka. Australia merupakan produsen terbesar safir (seperti tahun 1987). Pada tahun 1991, sumber baru safir ditemukan pada Andranondambo, Madagaskar selatan. Daerah tersebut telah dimanfaatkan untuk safir dimulai pada tahun 1993, tapi itu praktis hanya ditinggalkan beberapa tahun kemudian. karena kesulitan dalam memulihkan safir di batuan dasar mereka.
Batu Safir terbaik berasal dari Sri Lanka (Ceylon) dan Khasmir (India), Dimana dari kedua jenis asal Batu Safir tersebut paling banyak dicari karena kualitasnya yang sangat bagus.
JENIS DAN MACAM  BATU SAFIR
1.    Batu Safir Biru
Batu Safir Biru2.    Batu Safir Hitam
Batu Safir Hitam3.    Batu Safir Putih
Batu Safir Putih4.    Batu Safir Birma
Batu Safir Birma5.    Batu Safir Kuning
Batu Safir Kuning6.    Batu Safir Termahal
Batu Safir Termahal7.    Batu Safir Afrika
Batu Safir AfrikaHARGA BATU SAFIR
Harga safir alam bervariasi tergantung pada warna mereka, kejelasan, ukuran, potongan, dan kualitas secara keseluruhan. Harga Bongkahan Batu safir oval dengan berat 1 kg mencapai Rp. 450.000, Sedangkan batu safir jenis birma dengan dimensi 1,2 x 9 x 5 mm di jual seharga Rp. 500.000.
Harga batu blue safir termahal didunia yang di lansir salah satu media online adalah seharga US$ 17,6 juta atau sekitar Rp 214 miliar. Batu blue safir termahal didunia ini bernama blue belle of asia yang berasa dari srilangka.
CIRI SAFIR ASLI
•    Memiliki tingkat kekerasan hingga 9 skala mohs.
•    Batu Safir asli cenderung lebih bersih
•    Memiliki kandungan formula kimia seperti Al2O3 di dalamnya
•    Memiliki warna biru beludru yang disebabkan oleh sutra halus.
•    Memiliki serat yang terjadi karena retakan atau inclusion, buih-buih kecil di dalamnya, hingga benda asing yang ikut terkristalisasi.
•    Safir akan terlihat indah jika terkena lampu fluorescent atau siang hari, dan akan terlihat kurang menarik jika terkena lampu pijar yang lebih merah,
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU SAFIR
Perawatan yang paling umum untuk safir adalah perlakuan panas. Batu dipanaskan (umumnya sebelum mereka dipotong) untuk antara 1700-1800 derajat Celcius (3100-3300 derajat F) selama beberapa jam.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9