Like on Facebook

BATU SABUN

andre zuesh         No comments
BATU SABUN
ASAL DAN SEJARAH BATU SABUN
Batu Sabun merupakan jenis batuan yang berasal dari sagaranten, Nama lain dari batu sabun yaitu “Tianhuang” adalah nama dari jenis batu yang dianggap sebagai batu yang paling berharga dari semua bahan batu patung di Negara Cina.
Pada musim gugur 1996, Beijing Hanhai Perusahaan menempatkan 460gram di pertengahan Qing tianhuang. Hiasan diukir dengan bagian atas berbentuk naga dilelang dengan harga penawaran awal 300,000-50,000 yuan, hingga akhirnya terjual dengan kesepakatan tertinggi 1.4milliar yuan.
Tianhuang / batu sabun didapat di pegunungan oleh Stream Shoushan di pinggiran utara Fuzhou, ibukota FujianProvince. Di zaman kuno dulu, batu-batuan jatuh dari gunung dan mengendap di lapisan pasir yang terletak di bawah sawah oleh Stream Shoushan, dan secara bertahap berubah menjadi semacam bijih berpasir sedimental yang disebut tianhuang (yang secara harfiah berarti “lapangan dan kuning “) dan bentuk serta teksturnya menyerupai sabun.
“Batu Sabun / Batu Koneng / Soap Stone / Tianhuang” ini dapat dibedakan dari warna dan tingkat kekerasan batu itu sendiri. Ada beberapa jenis batu sabun yang ada, dan yang paling banyak didapat di Sagaranten ini adalah jenis batu sabun yang berwarna orange, merah darah, kuning mentega, ungu dan wana lainnya yang memiliki warna dominan kuning. Selain di sagaranten, batu sabun juga banyak di temukan di daerah garut, aceh, dan kalimantan.
JENIS DAN MACAM  BATU SABUN
1.    Batu Sabun Super
Batu Sabun Super2.    Batu Sabun Aceh
Batu Sabun Aceh3.    Batu Sabun Jampang
Batu Sabun Jampang4.    Batu Sabun Bunian
Batu Sabun Bunian5.    Batu Sabun Garut
Batu Sabun Garut6.    Batu Sabun Hijau
Batu Sabun Hijau7.    Batu Sabun Kalimantan
Batu Sabun KalimantanHARGA BATU SABUN
Harga batu cincin sabun dengan dimensi 1.6 x 1 x 0.6 cm di jual seharga Rp. 300.000,- harga termahal bisa mencapai 5 juta lebih. Sedangkan Harga bongkahan batu sabun dengan berat 37,71 gram berkisar Rp. 240.000,-
CIRI SABUN ASLI
•    Jernih setelah di kupas
•    Tidak ada gurat2 apabila disorot oleh cahaya senter setelah dikupas
•    Memiliki tingkat kekerasan 5 – 6,5 skala mohs
•    Memiliki corak warna kuning, kuning keemasan dan kuning kemerahan.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU SABUN
Bagi penggemar batu yang sudah mengoleksi batu sabun, saya sarankan berhati-hati saat memakainya karena batu sabun sangat mudah tergores dan cepat kusam. Untuk itu simak tips cara merawat batu sabun sukabumi dibawah ini:
1.    Hindarkan batu sabun dari air hujan
2.    Untuk memoles batu sabun gunakan kertas intan
3.    Olesi dengan minyak zaitun atau baby oil untuk menjaga warna
4.    Batu sabun sebaiknya dipakai setiap hari karena cara tersebut juga bisa membuat batu sabun menjadi cepat tua
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9