Like on Facebook

BATU ZAMRUD

andre zuesh         No comments

BATU ZAMRUD

ASAL DAN SEJARAH BATU ZAMRUD
Batu Jamrud / Zamrud merupakan salah satu jenis batu tertua yang biasanya digunakan sebagai perhiasan dan sudah dikenal sejak jaman Mesir kuno. Selain Indonesia, negara-negara lain penghasil batu Jamrud yang berkualitas antara lain Siberia, Kolombia, Afrika Selatan, Australia, Zimbabwe dan Brasil.
Jika dilihat dari sejarah, kaum Mesir (Egypt) telah menambang batu Jamrud sejak 3500 SM dimana pada masa ini memang telah banyak dilakukan penambangan batu Jamrud secara besar-besaran hingga abad ke 16.
Namun penjelajah dari Spanyol akhirnya telah menemukan pertambangan yang terbengkalai di daerah Kolombia (Amerika Selatan) dan hingga saat ini Kolombia masih menjadi sebagai negara penghasil emerald terbaik di dunia. Orang-orang pada zaman dahulu juga sering menghubung-hubungkan batu jamrud ini dengan dewi cinta atau Venus dikarenakan warna hijau yang begitu indah diartikan akan memberikan tentang getar-getar cinta, harmoni, dan kebahagiaan dalam hidup.
Batu zamrud ini juga dijadikan sebagai simbol sebuah harapan. Batu zamrud dipercaya dapat membantu menyembuhkan suatu hubungan yang lagi ada permasalahan serta digunakan juga untuk kesehatan seseorang. Masyarakat India menganggap bahwa batu zamrud ini dapat membawa peruntungan nasib yang baik dan dapat mendatangkan kekayaan. Adapun suku Aztec dan Inca yang berada di Amerika Selatan menganggap bahwa batu zamrud ini sebagai batu suci yang dipergunakan untuk berbagai acara ritual khususnya.
Batu Jamrud / Zamrud juga ditemukan di negara-negara lain, seperti Afghanistan, Australia, Austria, Brazil, Bulgaria, Kamboja, Kanada, Cina, Mesir, Ethiopia, Perancis, Jerman, India, Italia, Kazakhstan, Madagaskar, Mozambik, Namibia,. Nigeria, Norwegia, Pakistan, Rusia, Somalia, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss, Tanzania, Amerika Serikat, Zambia dan Zimbabwe Di AS,. Emerald / Zamrud telah ditemukan di Connecticut, Montana, Nevada, North Carolina dan South Carolina. Pada tahun 1998 zamrud ditemukan di Yukon.
JENIS DAN MACAM BATU ZAMRUD

1. Batu Zamrud Colombia
Batu Jamrud Colombia2. Batu Zamrud Rusia
Batu Jamrud Rusia3. Batu Zamrud Hijau
Batu Jamrud Hijau4. Batu Zamrud Cikotok
Batu Jamrud Cikotok5. Batu Zamrud India
Batu Jamrud India6. Batu Zamrud Merah
Batu Jamrud Merah7. Batu Zamrud Afrika
Batu Jamrud Afrika8. Batu Zamrud Aceh
Batu Jamrud AcehHARGA BATU ZAMRUD
Harga batu akik jamrud colombia bisa mencapai 20jt lebih tergantung dari kualitas batu cicin zamrud/jamrud. Harga batu jamrud colombia contohnya bisa mencapai 2jt per karat, sedangkan harga termahal di dunia mencapai 400 juta dolar amerika atau setara dengan Rp 5,2 triliun untuk Bahia Emerald jamrud dari brasil.
CIRI ZAMRUD ASLI
• Mempunyai warna hijau segar, hijau kekuningan, hijau kebiruan.
• Mayoritas mineral Jamrud membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat.
• Mempunyai kekerasan 7,5 – 8 skala Mohs dan Index bias 2,67 – 2,78.
• Warnanya tidak mudah berubah dan bersifat tahan panas.
• Tidak kuat pada tekanan dan mudah pecah karena Sebagian besar kristal Jamrud memiliki keretakan yang merupakan imbas dari proses kristalisasi bahan-bahan utama batu ini.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU ZAMRUD
• Bersihkan dengan berkala menggunakan cairan pembersih ringan seperti sabun
• Sikatlah dengan halus dan lembut menggunakan sikat gigi karena bulu sikatnya bersifat lembut.
• Oleskan baby oil atau minyak zaitun untuk membuat warna semakin menarik
• Untuk mengkilapkan batu gunakan kertas intan / kulit
• Ketika tidak di pakai, jangan letakkan batu di dekat alat kosmetik yang banyak mengandung zat kimia.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9