Like on Facebook

BATU SAPHIRE

andre zuesh         No comments
ASAL DAN SEJARAH BATU SAPHIRE
Ruby dan safir / Saphire adalah bahan yang sama, mineral korundum, dan batu permata tersulit kedua setelah berlian. Merah korundum dikenal sebagai ruby, sementara semua warna lain yang disebut sebagai safir. Sedangkan biru adalah warna klasik safir, safir sebenarnya ditemukan dalam berbagai warna.
Sapphire warna Biru adalah yang paling terkenal dari warna safir. Kashmir berharga dan safir Burma memiliki biru tua yang intens dan beludru. Safir ini tidak sering terlihat di pasar saat ini. Sri Lanka dan Madagaskar safir adalah hari yang paling umum, dengan berbagai macam warna dari langit biru muda ke biru gelap. produsen lain dari safir biru adalah Australia, Tanzania, Thailand, Kamboja, dan Amerika Serikat (Montana).
korundum tak berwarna jarang terjadi sebagai samar nuansa warna yang hampir selalu hadir. Banyak safir putih kecil yang digunakan dalam perhiasan murah adalah sintetis.
safir Ungu adalah jarang, tetapi ditemukan di Sri Lanka dan Tanzania. Besi dan titanium kotoran bersama-sama dapat menyebabkan warna ungu batu.
safir kuning Banyak di sisi ringan. perlakuan panas dapat menghasilkan warna yang lebih intens kuning keemasan, dan safir berilium-diperlakukan mungkin berwarna kuning cemerlang. Batu-batu ini ditemukan di Sri Lanka, Thailand, Australia, Tanzania dan Madagaskar. Warna kuning ini disebabkan oleh jejak besi di batu.
Padparadscha adalah kata Sinhala untuk sebuah bunga teratai Sri Lanka. Safir warna ini sangat langka harus memiliki warna pink dan oranye secara bersamaan. Warna, kecemerlangan, ukuran dan kejelasan akan menentukan nilai dari batu-batu ini. Sebuah padparadscha sejati akan selalu memiliki sedikit pink.
Batu Saphire banyak yang muncul hijau terdiri dari band bolak halus safir biru dan kuning, yang dapat terlihat di bawah mikroskop. safir hijau ditemukan di Thailand, Sri Lanka, Australia, dan Madagaskar.
JENIS DAN MACAM BATU SAPHIRE
1. Batu Saphire Biru
Batu Saphire 2. Batu Saphire Kuning
Batu Saphire 3. Batu Saphire Ceylon
Batu Saphire 4. Batu Saphire Hitam
Batu Saphire 5. Batu Saphire Ungu
Batu Saphire 6. Batu Saphire Merah
Batu Saphire 7. Batu Saphire Hijau
Batu Saphire 8. Batu Saphire AfrikaBatu Saphire HARGA BATU SAPHIRE
Batu safir
 asal dari negara sri lanka bernama “blue belle of asia” berhasil di jual dengan US$ 17,6 juta atau dengan mata uang rupiah Rp. 214 miliar adalah rekor harga batu termahal saat ini.
Harga bongkahan / rough batu saphire blue star 4.18 crt dijual 3.500.000 rupiah.
CIRI SAPHIRE ASLI
Batu saphire cenderung memiliki kejernihan yang lebih bersih daripada batu ruby. Garis-garis halus bercahaya seperti sutra yang terdapat didalam batu saphire yang membuat batuan cantik tersebut bernilai tinggi. Batu saphire yang terkenal dari kashmir memiliki warna biru beludru yang disebabkan oleh garis-garis halus bercahaya seperti sutra tersebut. Garis-garis yang mirip sutra itu yang menimbulkan efek cahaya bintang [asterism] pada batu saphire. Namun jika terlalu banyak garis-garis sutra pada batu saphire tersebut justru akan membuat warnanya terlihat pucat dan tampak keabu-abuan.
Batu saphire memiliki tingkat kekerasan yang hampir dapat dikatakan sempurna dan tepat berada di bawah batu berlian/intan yaitu hingga 9 skala mohs, selain itu, batu saphire yang asli juga diketahui memiliki kandungan formula kimia seperti al2o3 di dalamnya.
Batu saphire memiliki variasi warna lainnya seperti biru, kuning, ungu, oranye, bening, dan bahkan hitam, namun memang yang paling banyak dicari adalah batu blue Saphire yang berwarna biru.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU SAPHIRE
Perawatan/treatment yang paling umum untuk Batu Saphire adalah perlakuan panas/heating. Batu-batu tersebut dipanaskan (umumnya sebelum mereka dipotong) antara 1700-1800 derajat Celcius selama beberapa jam. Kebanyakan Batu Saphire dipanaskan untuk menghasilkan batu- batu saphire yang berwarna biru yang pekat. Ada juga cara perawatan lain terhadap Batu Saphire, yaitu yang disebut dengan ‘difusi’ [diffusion, namun cara tersebut lebih umum dilakukan untuk jenis Batu Saphire star. Treatment/pengobatan berilium sekarang sedang digunakan untuk memproduksi warna jeruk yang menakjubkan dan warna merah yang dulunya jarang ditemukan pada Batu Saphire.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9