Like on Facebook

BATU MARJAN

andre zuesh         No comments
BATU MARJAN
ASAL DAN SEJARAH BATU MARJAN
Batu Marjan merupakan salah satu batu-mulia yang sudah dipergunakan sejak dahulu kala, tercatat dari zama Nabi Musa AS dan tersebut dalam salah satu ayat di Al-Quran yang berbunyi “Dari keduanya keluarlah mutiara dan marjan” (QS Ar-Rahman, 55:22). Nama ilmiah batu marjan adalah “Corralium rubrum” yang termasuk salah satu batu karang lautan. Batu ini juga populer pada jaman Eropa Kuno, tahun 1937-1901 pada masa kekuasaan Ratu Victoria (Inggris). Batu ini sempat menjadi sangat langka dan paling banyak diburu dan diperjual belikan di kapal. Batu ini juga merupakan batu yang dinanti kehadirannya, khususnya di seluruh negara bagian benua Eropa.
Batu Marjan terbaik ialah Coral Rubrum yang meliputi berbagai warna yaitu putih, kuning, merah muda, merah gelap dan biru. Adapun marjan berwarna hitam keemasan dinamai Coral Nagrum atau Nagur. Banyak terdapat di pesisir laut India, Autralia dan Lautan Pasifik. Batu ini amat rapuh.
Batu marjan atau karang laut ini adalah spesis kehidupan yang dilindungi karena ia tergolong dalam kumpulan terumbu karang. Kepupusan dan kemusnahan terumbu karang akan mengganggu ekosistem hidupan laut. Batu karang yang sering digunakan sebagai perhiasan mulia adalah yang berwarna pink sampai merah. Karang merah ini dalam habitat aslinya mempunyai bentuk seperi semak tanpa dedaunan dan dapat tumbuh sampai satu meter lebih. Karang ini tersusun dari senyawa kalsium karbonat, warna merahnya dikarenakan adanya pigmen carotenoid.
Salah satunya adalah jenis batu mulia atau Batu Akik Marjan yang dikenal juga dengan sebutan batu Karang Laut atau Red Coral, jenis batu mulia unik ini juga terhitung cukup banyak dipalsukan karena terhitung unik karena warnanya yang cerah.
JENIS DAN MACAM  BATU MARJAN
1.    Batu Marjan Biru
Batu Marjan Biru2.    Batu Marjan Orange
Batu Marjan Orange3.    Batu Marjan Merah
Batu Marjan Merah4.    Batu Marjan Putih
Batu Marjan Putih5.    Batu Marjan Hitam
Batu Marjan Hitam6.    Batu Marjan Api
Batu Marjan ApiHARGA BATU MARJAN
Harga batu marjan dengan dimensi 22 x 18 x 10 mm di jual seharga Rp. 750.000, dan harga termahalnya mencapai Rp. 20.000.000. sedangkan harga bongkahan batu marjan dengan ukuran 33 x 13,5 x 11,5 mm di jual seharga Rp. 500.000
CIRI MARJAN ASLI
Untuk mengetahui jenis batu akik Marjan asli dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara mudah. Salah satunya yang paling mudah adalah dengan melakukan tes menggunakan susu, karena diketahui bahwa susu memang akan lebih mudah menyerap radiasi warna, sehingga jika batu tersebut palsu maka susu pun akan terkontaminasi warna merah dari batu sintetis Marjan.
Untuk jenis Batu Akik Marjan yang berkualitas sendiri biasanya akan cenderung memiliki warna merah tua serta tidak akan memiliki lubang sekecil apapun, sehingga batu akan terlihat mengkilap sekalipun memang terbuat dari batu karang yang terkenal memiliki pori-pori yang tinggi.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU MARJAN
•    Bersihkan dengan berkala menggunakan cairan pembersih ringan seperti sabun
•    Sikatlah dengan halus dan lembut menggunakan sikat gigi karena bulu sikatnya bersifat lembut.
•    Oleskan baby oil atau minyak zaitun untuk membuat warna semakin menarik
•    Untuk mengkilapkan batu gunakan kertas intan / kulit
•    Ketika tidak di pakai, jangan letakkan batu di dekat alat kosmetik yang banyak mengandung zat kimia.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9