Like on Facebook

BATU JASPER

andre zuesh         No comments
BATU JASPER
ASAL DAN SEJARAH BATU JASPER
Batu Jasper Berasal dari Pasirgintung, Desa Cibuniasih, Kecamatan Pancatengah, Kabupaten Tasikmalaya
Jasper secara geologis merupakan batuan jenis silika dengan mineral utama kuarsa, bersifat opak yang tidak transparan, mempunyai kekerasan 7 skala Mohs (skala 1 – 10 dengan nilai 10 untuk intan), berberat jenis antara 2,5 dan 2,9 dan umumnya berwarna merah karena campuran besi dari hematit, atau berwarna kuning dan coklat.
Di Pasirgintung, bongkah-bongkah jasper tersebar di Sungai Cimedang. Sebagian teronggok di perkampungan dan persawahan. Batu-batu ini banyak dijumpai menyelip di antara batu lava basal dan breksi hasil letusan gunung api purba. Di Tasikmalaya selatan, pada Kala Oligo-Miosen 25 juta tahun yang lalu merupakan jajaran gunung api purba Jawa Barat yang sebagian berada di bawah laut. Diperkirakan abu-abu gunung api yang dimuntahkan dan terendapkan di laut menjadi sumber terbentuknya jasper setelah mengalami proses pemanasan secara hidrotermal selama berjuta-juta tahun.
JENIS DAN MACAM BATU JUNJUNG DRAJAT
Batu Jasper HijauBatu Jasper HijauBatu Jasper Klawing Batu Jasper KlawingBatu Jasper CoklatBatu Jasper CoklatBatu Jasper Tasik Batu Jasper TasikBatu Jasper Putih
Batu Jasper PutihBatu Jasper LeopardBatu Jasper LeopardBatu Jasper Pancawarna
 Batu Jasper PancawarnaBatu Jasper Kuning
Batu Jasper Kuning
HARGA BATU JESPER
Berdasarkan info harga terbaru, batu jesper gajah dengan dimensi : est 17 x 12 x 4 mm,dan berat Batu : 7,2 carats dijual dengan harga 1.000.000 rupiah,sedangkan untuk harga bongkahan dijual dengan harga mulai dari 100.000/ kg tergantung jenis dan kualitasnya.
CIRI BATU JESPER
  • Coba anda tempelkan batu pada kulit yang pjka seperti pipi jika batu terasa dingin maka batu tersebut batu itu asli.
  • Cara kedua adalah dengan dibakar, kalau ada tanda-tanda hangus atau berunah warna, dipastikan tiu batu palsu
  • Jika batu cincin dibakar batu akan panas dan kembali cepat dingin, berbeda dengan batu palsu yang lama memyimpan panas
  • Perhatikan serat didalamnya dengan cara menerawang, bila asli serat pada batu nampak seperti retak-retak, karena batu mulia dengan mulus tanpa serat.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU JASPER
Berikut cara merawat batu jasper
  • Jika tidak dipakai olesilah dengan cairan bayi,agar menjaga kilap batu akik tersebut
  • Jauhkan dari benturan
  • Jika jarang dipakai olesilah baby oil agar tetap terjaga kelembabannya.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9