Like on Facebook

Batu Aquamarine

andre zuesh         No comments
ASAL DAN SEJARAH BATU AQUAMARINE
aquamarine.jpg (1419×945)
Aqua-15.jpg (300×300)
Batu aquamarine adalah batu permata yang berasal dari jenis beryl (beryl dalam bahasa Yunani yang artinya biru kehijau-hijauan) sama seperti batu Zamrud. Di indonesia batu cantik ini di namakan dengan “Batu Biru Laut”. Pengambilan nama ini di karenakan batu aquamarine berasal dari laut dan memiliki warna yang agak kebiruan, selain itu dari nama batunya sendiri sudah menunjukkan asal dari batu permata ini yaitu “Aqua yang berarti Air. dan “marine yang berarti Laut.
Batu aquamarine juga dapat dibentuk sebagai cabochon supaya menghasilkan efek asterism, efek sinar cahaya yang dihasilkan seperti batu safir bintang atau rubi bintang. Batu aquamarine tidak tahan dalam suhu yang tinggi dan jika dipanaskan dari 800-900 celsius warnanya akan hilang. Jumlah besi dalam struktur aquamarine akan mempengaruhi warna batu. Warna batu aquamarine dapat dirombak dengan melalui proses heating atau pemanasan. Warnanya yang terlalu jernih dapat diperkental sesuai keinginan para peminat dalam proses tersebut. Batu biru laut juga sangat dikenal sebagai batu yang bebas inklusi.
Batu ini sangat digemari oleh orang-orang Eropa. Kaisar Brasil Dom Pedro dikatakan pernah memiliki batu aquamarine paling bagus dan berkualitas yang pernah ditemukan. Di tahun 1906, putri presiden Amerika Theodore Roosevelt diberikan batu aquamarine sebagai hadiah dan sejak itu batu aquamarine ini dikatakan telah meningkat kepopularitasannya.
Pada umumnya orang mendapatkan batu Aquamairne di India, Birma, Afrika Selatan, Madagaskar dan Australia.
JENIS DAN MACAM BATU AQUAMARINE
1.    Batu Aquamarine Hijau
Batu Aquamarine Hijau2.    Batu Aquamarine Biru
Batu Aquamarine Biru3.    Batu Aquamarine Hijau Bening
Batu Aquamarine Hijau Bening4.    Batu Aquamarine Putih
Batu Aquamarine putih5.    Batu Aquamarine Merah
Batu Aquamarine Merah6.    Batu Aquamarine Kuning
Batu Aquamarine KuningHARGA BATU AQUAMARINE
Harga batu aquamarine dengan Dimensi 1,4 X 1,1 X 0,8 cm di jual seharga Rp 2.400.000, sedangkan harga bongkahan batu aquamarine mencapai $35/gram atau sekitar Rp. 455.000/ gram
CIRI AQUAMARINE ASLI
•    Akan mengambang jika dimasukkan ke dalam cairan bromoform
•    Memiliki tingkat kekerasan 7.5 hingga 8 skala mohs
•    Tidak tahan dalam suhu yang tinggi dan jika dipanaskan dari 800-900 celsius warnanya akan hilang.
•    Akan terasa sangat dingin ketika disentuh, karena jika batu permata sintetis atau yang palsu tidak akan terasa dingin ketika disentuh.
•    Memiliki warna biru kehijauan seperti air laut yang tentunya memiliki tingkat transparansi yang tinggi,
•    Memiliki banyak serat di dalamnya jika dilihat melalui sebuah alat khusus seperti sebuah kaca pembesar.
•    Dan yang cara yang paling mudah untuk mengetahui ciri atau tingkat keaslian dari batu aquamarine tersebut adalah dengan merendamnya menggunakan cairan khusus seperti bromoforn, karena batu aquamarine yang asli akan mengambang sedangkan yang palsu akan tenggelam ketika dimasukan kedalam cairan tersebut.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU AQUAMARINE
•    Jika kita sering melepas dan tidak memakai batu cincin aquamarine , sebaiknya kita sediakan kotak khusus untuk menyimpannya.
•    Agar warna batu aquamarine tetap mengkilap, rajinlah memoles batu dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil.
•    Agar tampilan batu aquamarine semakin indah, pilihlah bentuk potongan batu dengan teknik bentuk kotak atau diamond.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9