Like on Facebook

Batu Ametrine

andre zuesh         No comments
ASAL DAN SEJARAH BATU AMETRINE
ametrine50.jpeg (600×379)
Batu ametrin ini adalah jenis batu permata yang merupakan gabungan dari dua jenis batu, yaitu amethys dan citrine, sehingga namanya ametrin. Hal ini juga bisa di identifikasikan atas perpaduan warna indah yang di milikinya, yaitu warna ungu dari batu amethyst, dan warna orange dari batu citrine. Perpaduan warna dari amethyst dan citrine inilah yang telah mengantarkan batu akik ametrin ini menjadi salah satu batu permata yang sangat indah dan juga di buru oleh banyak orang.
Batu Ametrin di kenal juga sebagai tsytrine dan ada juga yang menyebutnya bolivianite karena memang ametrin banyak di temukan di bolivia. Hampir seluruh ametrin di tambang di bolivia, meskipun ada juga yang berasal dari brazil dan india. Ametrin yang asli jarang di temui di pasaran karena ametrin yang beredar kebanyakan palsu / sintetis.
Batu ini hanya dapat di temukan di kawasan pertambangan anahi, Bolivia. Hal ini di karenakan hanya tempat itulah yang mempunyai kondisi lingkungan alam yang berkombuniasi secara unik yang dapat menciptakan batu ametrine. Mulai dari suhu, tekanan, dan juga lingkungan kimia yang ada di sana. Namun batu ini juga di buat secara sintetis di kawasan rusia. Sejak tahun 1944, rusia telah menyempurnakan produksi kuarsa dua warna ini dengan cara di iriadiasi sehingga muncul warna ametrin.
Batu ametrin pertama kalinya di kenalkan di pasaran pada tahun 1980. Batu ini merupakan batu yang tergolong langka , bahkan banyak orang tak mengenali nama batu ini walau ia telah beredar di pasaran.
Batu Permata AmetrineHARGA BATU AMETRINE
Harga batu Ametrine dengan dimensi 10, 21 x 7, 72 x 6, 20 mm di jual seharga Rp. 875.000, sedangkan harga bongkahan batu ametrine yaitu $20/gram atau sekitar Rp. 260.000/ gram
CIRI AMETRINE ASLI
•    Memiliki tingkat kekerasan hingga 7 skala mohs,
•    Memiliki kandungan kimia SiO2 di dalamnya
•    Memiliki sistem kristalisasi Hexagonal.
•    Memiliki warna ungu dari jenis Amethyst dan kuning atau oranye dari batu permata Citrine,
•    Memiliki tingkat transparansi yang tinggi atau cenderung terlihat bening.
•    Memiliki serat-serat batuan yang sangat halus, dan biasanya serat tersebut hanya akan dapat terlihat jika menggunakan sebuah alat bantu seperti kaca pembesar saja.
•    Untuk lebih jelasnya, mungkin akan lebih baik jika dilakukan tes berkelanjutan pada sebuah laboratorium untuk dapat mengetahui tingkat keaslian dari jenis batu permata Ametrin tersebut.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU AMETRINE
•    Bersihkan Batu ametrine secara teratur di tempat membersihkan perhiasan.
•    Sediakan air hangat yang sedikit dibubuhi sabun lalu sikat batu ini dengan sikat yang berbulu halus, ini adalah cara yang tepat untuk membersihkan batu ini.
•    Hindarkan ametrine diterpa sinar matahari panas dalam waktu lama karena diyakini akan memucatkan warnanya.
•    Hindari terkena gores atau gesekan dengan batu mulia yang lain.
•    Zat-zat kimia dalam parfum dan hairspray bisa membentuk lapisan di atas permukaan batu ametrine yang mengakibatkan batu terlihat kusam.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9