Like on Facebook

Batu Emerald

andre zuesh         No comments
BATU EMERALD

ASAL DAN SEJARAH BATU EMERALD
Batu Emerald atau yang sering di sebut dengan batu zamrud / jamrud/ jambrud, merupakan batu permata yang termasuk ke dalam varitas dari kelompok beryl yang mempunyai ciri khas warna hijau sampai hijau tua. Warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut.
Emerald / zamrud, penggunaan dan asal usulnya telah di telusuri kembali hingga ke india dan mesir sampai sekitar 5000 th yang lalu dengan nama yang berasal dari kata yunani “Smaragdos” yang berarti “Batu Hijau” dan bersumber dari bahasa sansekerta “marakata” yang berarti “hijau” pada awal tahun 1900 di temukan bongkahan/rough emerald yang juga di katakan terbesar juga dalam sejarah, yakni sekitar 1383,95 carat di kolombia.
Tambang zamrud yang paling terkenal dari zaman kuno berada di mesir. di kenal sebagai pertambangan cleopatra atau Mons Smaragdus (Emerald Mountains), batu ini di tambang sejak 2000 SM hingga selama berabad-abad kemudian, tetapi kemudian tambang-tambang tersebut di tinggalkan setelah orang spanyol menemukan zamrud di columbia pada tahun 1545.
Batu Emerald / Zamrud juga ditemukan di negara-negara lain, seperti Afghanistan, Australia, Austria, Brazil, Bulgaria, Kamboja, Kanada, Cina, Mesir, Ethiopia, Perancis, Jerman, India, Italia, Kazakhstan, Madagaskar, Mozambik, Namibia,. Nigeria, Norwegia, Pakistan, Rusia, Somalia, Afrika Selatan, Spanyol, Swiss, Tanzania, Amerika Serikat, Zambia dan Zimbabwe Di AS,. Emerald / Zamrud telah ditemukan di Connecticut, Montana, Nevada, North Carolina dan South Carolina. Pada tahun 1998 zamrud ditemukan di Yukon. Di Indonesia sendiri, nama emerald beryl tidaklah asing bagi para pecinta batu permata dan Emerald Beryl dikenal dengan Zamrud atau Permata Zamrud. Batu permata zamrud memiliki nilai jual yang tinggi di dalam dunia perdagangan batu permata.
JENIS DAN MACAM  BATU EMERALD
1.    Batu Emerald Green
Batu Emerald Green2.    Batu Emerald Colombia
Batu Emerald Colombia3.    Batu Emerald Zamrud
Batu Emerald Zamrud5.    Batu Emerald Rusia
Batu Emerald Rusia6.    Batu Emerald Zambia
Batu Emerald ZambiaHARGA BATU EMERALD
Di indonesia Harga batu Emerald dengan dimensi 16.67 x 12.59 x 7.76 mm di jual seharga Rp.3.000.000,- sedangkan bongkahan mencapai 2 juta pe carat.
Harga batu Bahia Emerald (Zamrud) termahal di dunia mencapai harga hingga 400 juta dolar amerika atau setara dengan Rp 5,2 triliun. Bahia Emerald dari brasil ini merupakan batu zamrud paling besar dan paling langka yang pernah ditemukan manusia hingga saat ini.
CIRI EMERALD ASLI
•    Mayoritas mineral zamrud membawa ciri khas alami berupa retakan-retakan ataupun serat-serat.
•    Emerald merupakan “cyclosilicate”dan sebagian besar di temukan dalam bentuk kristal dan berupa prisma heksagonal.
•    Mempunyai kekerasan 7,5 – 8 skala Mohs.
•    Warnanya tidak mudah berubah dan bersifat tahan panas.
CARA MERAWAT / PERAWATAN BATU EMERALD
Untuk menjaga batu emerald / zamrud ini agar tetap terjaga baik, perawatannya tidaklah sulit dan tidak menghabiskan biaya banyak. Yaitu dengan membersihkannya menggunakan air sabun dan sikatlah dengan halus dan lembut , lebih tepatnya dengan menggunakan sikat gigi karena bulu sikatnya bersifat lembut.
Meskipun telah dibersihkan dengan air sabun, energi yang diperoleh dari alam dan yang sudah terkandung di dalam batu zamrud tersebut Insya Allah masih tetap terjaga dan tidak hilang. Hal ini karena energi alam pastinya sudah dikunci dan disimpan oleh batu zamrud tersebut.
Published by andre zuesh

Nulla sagittis convallis arcu. Sed sed nunc. Curabitur consequat. Quisque metus enim venenatis fermentum mollis. Duis vulputate elit in elit. Si vous n'avez pas eu la chance de prendre dans tous.
Follow us Google+.

0 komentar:

close

Popular Post

Contact

© 2014 Jogja Gemstone
Distributed By My Blogger Themes | Designed By Bloggertheme9